Bona ni Pinasa ma hasangkotan ni Jomuran, Tung aha pe dijama hamu, sai tong ma dalan ni Pasu-pasu.

Bona ni Pinasa = Pohon Nangka. Bona ni Pinasa = Tempat Asal, Tempat Kelahiran atau Tanah Air

Pinasa (Nangka) sering ditanam sekitar rumah sekitar kampong serta diladangan. Kayunya harum,buahnya enak dan ranum. Daunnya sering dibuat alas beras dalam periuk ditanank sehingga nasi tidak berkerak. Babalnya dapat dibuat menjadi makanan sedap yang dicampur dengan garam dan cabai, daun papaya yang rasanya kelat sedikit pedas, asin dan pahit.

Karena dalam sebuah nangka biji buahnya banyak dapat dibagi-bagikan kepada anggota keluarga dan seisi kampong. Kalau buah nangka yang tidak terpelihara jika busuk sedikit maka seluruh isi buah akan busuk dan buah lainpun akan ikut busuk. Sebabnya Nangka itu harus dijaga dan dipelihara baik-baik. Apabila ada orang tua yang sudah ujur meninggal dunia atau SAUR MATUA maka pohon Nangka itulah yang ditebang menjadipeti mati bagi orang yang meninggal tersebut.Akhirnya pohon Nangka yang menjadi peti mati akan bersatu dengan orang yang menanam Nangka tersebut.

Bona ni Pinasa dalam arti kehidupan orang Batak adalah tempat kelahiran atau Tanah Air. Mengapa pohon Nangka ini dibuat Batak Toba menjadi acuan tempat asal, tentu ada hal yang menarik didalamnya. Tempat asal atau tanah Air dicontohkan dari pohon Nangka,tidak obahnya seperti perjalanan hidup pohon Nangka tersebut. Tempat asal usul tentu ada pahit getirnya seperti BABAL (sera-sera), ada manisnya seperti buah yang harum dan dapatdibagi-bagi. Kehidupan hendaknya merata jangan ada yang timpang seperti nasi yang dimasak dengan bantuan daun nangka tidak menimbulkan kerak.

Orang yang berasal dari tempat asal itu jangan ada yang berkelakuan tidak baik, karena yang lain akan ikut busuk seperti buah Nangka yang busuk. Dan akhirnya setiap orang yang berasal dari Bona ni Pinasa akan bersatu dengan tempat asal usulnya atau tanah airnya. Sebab itu setiap orang yang berasal dari tempat asalnya atau tempat kelahirannya atau tanah airnya adalah merupakan kewajiban baginya untuk memperhatikan,mencintai dan membangun tempat asal tersebut, karena akhirnya seseorang itu akan bersatu kembali dengan asal usulnya.

Bagaimanapun pahit getirnya dan harum manisnya tempat asal usul seseorang itu adalah tetap menjadi milik orang yang berasal dari Bona ni Pinasa. Adalah merupakan kewajiban bagi Batak Toba untuk mencintai dan memperhatikan asal usul dan tempat asalnya. Hujan emas di Negeri orang, hujan batu di Negeri kita. Kira-kira demikianlah pengertian Bona ni Pinasa bagi Batak Toba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar